Mau Tau Perbedaan Mentega dan Margarin? Inilah Bedanya

Mau Tau Perbedaan Mentega dan Margarin? Inilah Bedanya


Mau Tau Perbedaan Mentega dan Margarin? Inilah Bedanya | Mentega dan margarin jadi bahan makanan yang sering digunakan untuk memasak atau membuat makanan. Kebanyakan yang kita paham mentega merupakan bahan makanan yang terbuat susu hewan sedangkan margarin merupakan bahan makanan yang terbuat dari sayuran. Keduanya mempunyai bentuk, kegunaan, dan rasa yang serupa. Perbedaannya terdapat pada kandungannya sehingga seringkali timbul perdebataan mana yang lebih baik pada mentega dan margarin.

Mau Tau Perbedaan Mentega dan Margarin? Inilah Bedanya. Simak:

Bahan Pembuat

Mentega merupakan produk susu yang terbuat dari susu atau krim susu yang diolah sehingga menengahi bagian padat dan bagianyang cair. Mentega kebanyakan dibikin dari susu sapi, biarpun bisa juga dibikin dari susu hewan lainnya layaknya domba, kambing, kerbau, dan lain-lain. 

Margarin merupakan produk non susu yang digunakan sebagai substitusi dari mentega. Pada awalannya margarin dibikin dari lemak hewan pada th. 1800an, tetapi saat ini kebanyakan dibikin dari minyak sayur, air, garam, emulsifier, dan beberapa memadukan susu.

Kandungan Lemak

Mentega yang terbuat dari susu hewan punya kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Memakan lemak jenuh bisa menambah lipid dalam darah. Jadi mentega sesungguhnya tidak jelek bagi kesegaran jikalau digunakan secukupnya.

Margarin yang punya kandungan minyak sayuran layaknya minyak kedelai dan safflower mempunyai lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh berikut bisa jadi persoalan sebab minyak tak jenuh dapat bersifat cairan dalam suhu ruangan dan tidak bisa digunakan dalam kuantitas besar. Margarin juga punya kandungan lemak trans yang punya kandungan racun tinggi dan terjalin bersama dengan penyakit jantung. 

Kandungan dalam Mentega dan Margarin

Mentega Terbuat dari susu hewan layaknya sapi, dan makanan sapi merupakan makanan alami layaknya rerumputan. Mentega dari sapi yang makan rumput alami bisa jadi lebih bernutrisi. Kandungan mentega berikut pada lain :

Vitamin K2 – Vitamin K berfaedah untuk menahan beragam penyakit betul-betul layaknya kanker, osteoporosis, dan penyakit jantung 

CLA – Asam lemak ini bisa jadi bahan anti kanker dan menunjang menurunkan kandungan lemak dalam tubuh manusia.

Butyrate – Asam lemak ini diproduksi oleh bakteri dan bisa memerangi peradangan, menambah sistem pencernaan, dan menunjang menahan menambahkan berat badan. Omega-3 – Omega-3 perlu bagi pertumbuhan dan pertumbuhan tubuh.


Margarin punya kandungan kolesterol sedikit dan juga menurunkan HDL. Margarin mempunyai kuantitas kolesterol total dan LDL yang rendah dalam jangka pendek. Sayangnya margarin juga bisa menurunkan kolesterol baik atau HDL. Jadi biarpun mempunyai kolesterol yang rendah tetapi margarin ternyata tetap kurang baik sebab bisa menurunkan kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh.

Margarin Lebih Berisiko Menyebabkan Penyakit Jantung Daripada Mentega

Margarin yang punya kandungan lemak trans dan menurunkan HDL lebih berisiko membuat penyakit jantung. Dibandingkan bersama dengan mentega, margarin berisiko lebih besar perihal bersama dengan penyakit jantung.

Kandungan Kalori

Kandungan kalori pada mentega dan margarin nyaris sama. Menggunakan mentega dan margarin yang mudah bisa kurangi kalori setengahnya. Baik margarin dan mentega, keduanya punya kandungan sekitar 100 kalori untuk tiap tiap satu sendok makan. Semua kalori dalam mentega dan margarin berasal dari lemak, jadi keduanya tidak punya kandungan karbohidrat dan protein.

Rasa

Rasa mentega tergolong terlalu sedap sedangkan margarin mempunyai rasa yang bervariasi. Rasa margarin yang banyak variasi berikut tergantung dari merek-nya atau pembuatannya dan bahan dasarnya. Berbeda bersama dengan mentega yang sesungguhnya  berasal dari susu hewan.

Pada umumnya, mentega dan margarin mempunyai rasa yang nyaris serupa. Namun margarin diyakini mempunyai rasa yang lebih asin dibandingkan bersama dengan mentega. Sedangkan mentega mempunyai aroma lebih harum. 

Itulah Mau Tau Perbedaan Mentega dan Margarin? Inilah Bedanya. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »