Bahaya Makan Ikan Tongkol Terlalu Banyak Bagi Kesehatan

Bahaya Makan Ikan Tongkol Terlalu Banyak Bagi Kesehatan


Bahaya Makan Ikan Tongkol Terlalu Banyak Bagi Kesehatan | Ikan tongkol memahami tak asing kembali bagi kita gara-gara sebetulnya ikan satu ini masuk di di dalam jenis ikan tangkapan paling penting untuk para nelayan kita. Ikan dengan warna biru gelap metalik terhadap punggungnya ini singgah dengan ukuran sedang dengan panjang maksimum 60 cm terhadap umumnya. Banyak yang menggemari ikan tongkol, tetapi kudu terhitung untuk memahami apa saja bahaya ikan tongkol bagi kesehatan.

Berikut Bahaya Makan Ikan Tongkol Terlalu Banyak Bagi Kesehatan:

1. Alergi

Salah satu dampak samping mengonsumsi ikan tongkol adalah alergi. Alergi sendiri merupakan sebuah kondisi reaksi yang cukup berlebihan yang dihasilkan oleh tubuh terhadap kondisi maupun zat tertentu. Alergi yang disebabkan oleh ikan tongkol bukanlah alergi yang kronis dan jadi terhitung ringan.

Sederhana saja, ini gara-gara ikan tongkol kaya bakal protein di mana sebetulnya bahan makanan berprotein tinggi selamanya berbentuk alergen. Bersama dengan kacang-kacangan dan udang, ikan ini bisa jadi penyebab alergi. Ini bakal beresiko tertentu bagi orang-orang yang lebih-lebih udah menderita alergi sebelumnya.

2. Berkandungan Merkuri

Ikan tongkol sebetulnya lezat jika disantap, proteinnya terhitung tinggi maka sering diandalkan terhitung untuk pemenuhan gizi tubuh. Tapi masalahnya adalah bahwa ikan tongkol terhitung di di dalam jenis ikan yang benar-benar mudah menyerap merkuri. Seperti yang kita tahu, merkuri adalah zat yang membahayakan dan mengancam jiwa. Bila manusia hingga terpapar merkuri, ada bahaya kebugaran yang cukup betul-betul bakal terjadi.

3. Menghambat Pertumbuhan Janin

Para ibu hamil kudu berhati-hati selama masa kehamilan dengan memelihara asupan makanan. Menjadi lebih selektif itu penting gara-gara kita terhitung kudu menyimak asupan yang penting bagi si jabang bayi. Ikan tongkol dengan kapabilitas menyerap merkuri bisa merubah perkembangan janin. Pertumbuhannya bisa jadi terkendala agar bakal ada banyak risiko setelah sang ibu melahirkannya.

4. Cacat Otak terhadap Bayi


Mengonsumsi ikan tongkol secara berlebihan apalagi jika di dalamnya diketahui sebetulnya benar ada kandungan tinggi merkuri, ini mengancam para ibu hamil. Masalah besar bisa ditimbulkan oleh ikan tongkol gara-gara perkembangan janin yang tak sempurna, maka tambah besar potensi cacat otak setelah bayi dilahirkan. Ini gara-gara ikan tongkol terhadap perairan laut mudah tercemar oleh logam-logam jahat.

5. Bersifat Racun

Sifat racun terhadap ikan tongkol bisa berasal dari logam-logan jahat yang sebelumnya udah disebutkan. Ini bisa menjadikan pengonsumsi ikan tongkol keracunan jika pengolahan dari ikan tongkol selanjutnya kurang tepat. Itulah alasannya mengapa kita kudu menegaskan bahwa ikan tongkol yang kita udah beli adalah berasal dari perairan bersih.

Bahaya Makan Ikan Tongkol Terlalu Banyak Bagi Kesehatan | Agar tidak keracunan, memproses ikan tongkol pun kudu berhati-hati. Caranya adalah dengan membuang bagian kepala lebih dulu. Baru setelah itu kita bisa memasaknya. Ini disebabkan kandungan logam dan serap merkuri paling tinggi ada di bagian kepalanya. Bila mengolahnya setelah membuang kepalanya, kita udah meminimalisir potensi racun ke di dalam tubuh. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »