Efek Daun Salam Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui

Efek Daun Salam Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui


Efek Daun Salam Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui | Daun salam selama ini dikenal sebagai bumbu dapur untuk memperkuat aroma masakan dan menambah cita rasa. Daun salam berasal dari pohon salam yang multifungsi karena berbagai bagiannya bisa dimanfaatkan. Kayu pohon salam dipakai sebagai pengguna anyaman bambu atau jala sedang buahnya yang berwarna hijau ketika muda dan merah kehitaman ketika tua dapat dimakan dengan rasa sepat. Buah salam berukuran kecil layaknya buni. Selain itu, pohon daun salam memiliki daun rimbun dan bunga berwarna putih dengan aroma harum. Pohon ini dikembangbiakkan dengan menggunakan biji atau cara stek dan cangkok.

Berikut adalah Efek Daun Salam Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui.

1. Efek Konstipasi

Daun salam merupakan salah satu jenis bumbu makanan dengan senyawa yang sulit dicerna oleh tubuh dan karenanya dapat menyebabkan efek konstipasi seperti sulit buang air besar. Ini terjadi karena proses pencernaan yang lambat sehingga buang air besar pun akan terasa lama dan sulit. Umumnya, efek samping ini menyerang mereka yang menggunakan daun salam sebagai obat sehingga mengonsumsinya dalam intensitas yang rutin dan jumlah yang besar. Penderita darah tinggi, misalnya, menggunakan daun salam dalam jumlah yang cukup besar untuk mengatasi penyakitnya sehingga rentan terkena efek samping yang demikian.

2. Efek Pernapasan

Senyawa dalam daun salam juga diketahui dapat berakibat buruk pada penderita gangguan pernapasan seperti asma. Karena itu, para ahli tidak menyarankan penderita asma untuk mengonsumsi daun salam dalam jumlah yang berlebih. Jika Anda ingin mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi salah satu penyakit yang bisa diatasi oleh daun salam akan tetapi pada saat yang bersamaan Anda juga menderita asma, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter. Jika tidak, Anda bisa mencari alternatif tumbuhan herbal lainnya.

3. Eksim

Seorang pasien melaporkan bahwa dirinya menderita eksim di wajah dan tangan setelah mengkonsumsi daun salam. Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang membutuhkan penanganan sesegera mungkin. Meski demikian, hubungan antara konsumsi daun salam dengan penyakit yang dideritanya hingga kini masih diragukan kebenarannya sebab sensitifitas tubuh diduga juga menjadi faktor yang berpengaruh. Selain itu, barang-barang yang mengalami kontak langsung dengan kulit juga perlu diperhatikan karena bukan tak mungkin menjadi penyebab timbulnya eksim, semisal air kotor, kuman dan virus yang menempel di benda-benda tertentu dan lain sebagainya.

4. Gangguan pada Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Meski belum ada bukti atau argumentasi ilmiah mengenai bahaya daun salam bagi perempuan hamil atau menyusui, ahli medis umumnya juga melarang konsumsi daun salam berlebihan bagi ibu hamil dan menyusui karena faktor alergi yang dikandung daun salam. Konsumsi berlebihan terhadap daun salam biasanya terjadi pada mereka yang mengonsumsinya untuk pengobatan tradisional, bukan sebagai bumbu masakan. Diyakini, konsumsi daun salam dapat membahayakan janin yang tengah dikandung dan menurunkan kualitas air susu ibu sehingga akan berefek negatif pada sang bayi, utamanya jika sang ibu memiliki alergi tertentu.

5. Ketagihan

Menurut sebuah sumber, mencampur daun salam dalam masakan akan menyebabkan efek ketagihan sehingga mereka yang telah kecanduan akan membubuhkan daun salam pada setiap masakannya. Kecanduan yang demikian akan menyebabkan konsumsi daun salam yang berlebihan sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan, pernapasan bahkan menimbulkan gangguan lain seperti eksim atau gangguan kehamilan dan proses pemberian ASI

Itulah Efek Daun Salam Bagi Tubuh Yang Harus Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »