Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah

Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah

Makanan Yang BaikBagi Anda Yang Sedang Cuci Darah | Selamat datang di situ kami, kali kami akan share kepada Anda tentang Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah. Bagi Anda yang sedang menderita penyakit gagal  ginjal biasanya Anda diharuskan untuk selalu melakukan cuci darah. 



Bagi Anda yang sedang menjalani proses cuci darah, kami menyarakan kepada Anda untuk menkonsumsi makanan yang baik untuk cuci darah. Makanan apa saja itu?

Berikut adalah Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah:

1. Agar-agar

Perlu Anda ketahui bahwa agar-agar memiliki kandungan serat yang bertipe serat larut, maka ini cukup aman dan justru menjadi salah satu makanan baik bagi yang cuci darah. Selain itu pun, yang terpenting dari agar-agar ini pasien dapat mendapatkan energi lebih.

2. Air Putih

khusus untuk pasien cuci darah yang ginjalnya bermasalah, air putih tetap penting tapi hanya kurang dari 500 ml saja. Ginjal bakal terbeban apabila terlalu banyak mengonsumsi air, sedangkan tubuh tetap memerlukan cairan cukup. Dan 500 ml tersebut sudah merupakan jumlah total dari cairan makanan dan minuman dengan menyesuaikan pada jumlah urin sehari.

3. Daun Kemangi

Harus kita sadari bahwa daun kemangi memiliki kandungan yang mampu untuk membersihkan darah kita dari racun. Tak usah banyak-banyak, cukup beberapa lembar setiap hari diimbangi dengan konsumsi makanan baik lainnya.

4. Buah Beri

Makanan yan g termasuk dalam spesies berry yaitu  blueberry, stroberi, mulberry, maupun blackberry, keluarga buah beri ini sangat baik dikonsumsi asalkan tidak terlalu banyak. Karena mengandung sifat antioksidan, buah-buah ini mampu membantu membersihkan darah dan bagus untuk yang sedang cuci darah. Selama porsi dapat dibatasi, ginjal tak akan menjadi lebih buruk kondisinya.

5. Makanan Berkalium Tertentu

Perlu Anda ketahui bahwa pasien cuci darah bakal memerlukan kalium dengan takaran lebih dikarenakan penurunan kadar kalium akibat prosedur cuci darah. Jeruk, pisang dan tomat merupakan pilihan baik untuk dikonsumsi asalkan tidak berlebihan; bila berlebihan justru malah akan memicu hiperkalemia.

6. Makanan Berprotein Tertentu

Ketika melakukan prosedur cuci darah, sudah dipastikan bahwa ada peningkatan kebutuhan akan protein. Protein akan hilang ketika proses pembuangan peritoneal pada cuci darah atau prosedur dialisis peritoneal. Dari kehilangan protein tersebutlah pasien wajib memenuhi asupan protein yang berkurang dari sejumlah sumber makanan yang ada di sekitar.

7. Makanan Berkarbohidrat Tertentu

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh pasien yang melakukan proses cuci darah tetap memerlukan gizi dan karbohidrat adalah salah satu yang paling utama. Walau asupan nutrisi tak boleh sembarangan dan pada kadar yang tinggi, sumber karbohidrat seperti misalnya permen, gula pasir dan selai. Sirup juga merupakan sumber karbohidrat yang baik asalkan tidak secara berlebihan mengonsumsinya.

Itulah yang dapat kami sajikan  tentang Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang menjalani proses cuci darah maka konsumsilah makanan yang kami sarankan tadi supaya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit Anda.

Makanan Yang Baik Bagi Anda Yang Sedang Cuci Darah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »