Hati-Hati, Inilah Makanan Dan Minuman Palsu Yang Banyak Beredar

Hati-Hati, Inilah Makanan Dan Minuman Palsu Yang Banyak Beredar



Hati-Hati, Inilah Makanan Dan Minuman Palsu Yang Banyak Beredar | Kita barangkali sering mendengar makanan palsu. Tidak hanya di dunia, perihal ini termasuk nyaris sering berlangsung di Indonesia. Faktor tingginya peminat atau barangkali harga penjualannya yang tinggi memicu orang-orang tidak bertanggung jawab berani memalsukan makanan dan minuman, tanpa peduli dampaknya terhadap orang yang mengkonsumsinya. Pemalsuan makanan dan minuman kebanyakan senantiasa pakai bahan aslinya atau mirip sakali tidak, namun diberi perasa, pewarna dan bau sehingga mirip dengan aslinya.

Berikut Hati-Hati, Inilah Makanan Dan Minuman Palsu Yang Banyak Beredar:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau dikenal dengan olive oil, dikatakan sebagai minyak yang punyai dampak menyehatkan. Selain itu, minyak zaitun telah sering digunakan di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Namun akibat banyaknya peminat, memicu banyak pula orang-orang yang memicu atau mencampurnya dengan bahan lebih murah untuk dijual dengan harga yang cocok minyak zaitun. Beberapa bahan yang dijadikan campuran minyak zaitun, yaitu minyak jagung, minyal kedelai, minyak sayur, dan minyak kelapa sawit. 

2. Saffron

Saffron barangkali tetap asing bagi orang Indonesia, namun saffron merupakan salah satu jenis rempah-rempah. Dikatan bahwa saffron termasuk dalam salah satu rempah dengan harga termahal. Dikarenakan harganya yang mahal, memicu rempah ini termasuk makanan yang dipalsukan. Biasanya saffron palsu terbuat dari benang gelatin, tepung dan zat pewarna. 

3. Jus jeruk (kemasan)

Jus jeruk atau minuman jeruk sering dikonsumsi di Indonesia. Walaupun harganya tidak mahal, namun kemudahan dalam memicu minuman jeruk palsu sering menarik niat orang untuk membuatnya. Biasanya jus atau minuman jeruk di palsukan dengan ekstrak grape fruit, ekstrak paprika  dan bahan kimia.

4. Susu

Susu merupakan minuman sehari-hari untuk segala usia. Namun terkandung termasuk susu palsu cair yang dibikin dari susu kambing dan susu kerbau. Untuk bubuknya biasa terbuat dari urea, Skim bubuk, Gula dan tepung dan zat kimia yang bisa membahayakan tubuh. 

5. Kopi

Walaupun tidak murni dipalsukan, namun kopi sering dicampur untuk dijual. Kopi palsu kebanyakan bercampur dengan gandum, karamel, kacang-kacangan dan jagung panggang.

6. Madu

Madu murni diambil langsung dari sarang lebah. Untuk menjual dan memperbanyak jumlahnya kebanyakan orang-orang bakal memicu madu palsu yang bercampur dengan gula dan sirup jagung. 

7. Jus apel (kemasan)

Mirip dengan pemalsuan jus jeruk, jus apel palsu termasuk kebanyakan dicampur dengan bahan lain misalnya kismis dan pemanis buatan.

8. Bakso

Banyak orang yang gemar makan bakso. Namun di sebagian tempat, keamanan mengkonsumsi bakso sempat terganggu dengan isu bakso yang terbuat dari daging tidak cuman sapi, ikan, ayam. Bahkan beredar isu pembuatan bakso dari (maaf) daging kucing di sebagian tempat. Selain itu, kebanyakan pembuat bakso sering mengambil untung dengan banyak mencapur tepung dibanding dagingnya. (Baca juga: Bahaya penyedap rasa makanan dan msg bagi kesehatan)

9. Gorengan

Di Indonesia sempat tertangkap pelaku-pelaku tidak bertanggung jawab, yang menjual gorengan yang tercampur dengan plastik sehingga melindungi gorengan tersebut senantiasa renyah dalam selagi yang lama. Sehingga menarik minat konsumen. 

10. Kayu manis

Kayu manis memadai populer sebagai rempah di dunia. Akibatnya kayu manis tak luput dari pemalsuan. Kayu manis (bubuk) palsu kebanyakan dicampur dengan Cassia dan ampas kopi bubuk. 

11. Minyak goreng

Kejadian minyak goreng palsu (oplosan) sering berlangsung di Indonesia. Dimana bekas minyak goreng yang telah dipakai dan menghitam sesudah itu diolah secara kimiwi dan disaring, menghasilkan warna minyak yang lagi baru seperti belum dulu dipakai. Walaupun warnaya seperti baru, namun kandungan minyak ini senantiasa telah tidak layak untuk dikonsumsi. 

12. Cokelat dan biskut coklat

Banyak produk-produk coklat lokal yang beredar di Indonesia. Namun ternyata pembuatnya tidak memicu coklat tersebut murni dari coklat. Coklat palsu tersebut biasa dicampur bahan-bahan lain seperti tepun dan pewarna. Begitu termasuk dengan produk biskuit coklat, kebanyakan hanya terbuat dari perisa coklat (bukan coklat asli).

13. Sambel dan saus botol

Sponsors Link
Sambel dan saus botol palsu tetap banyak beredar hingga selagi ini. Sambel tersebut kebanyakan terbuat dari cabe atau tomat yang telah membusuk dan dibeli dengan harga murah untuk diolah. Cabe dan tomat yang tidak layak pakai tersebut sesudah itu diolah dengan dicampurkan dengan tepung dan zat pewarna yang berbahaya.

14. Kunyit bubuk

Kunyit bubuk merupakan salah satu rempah olahan dari kunyit asli dan sering digunakan dalam masakan-masakan nusantara. Dalam produksi kunyit bubuk palsu tersebut, kebanyakan kunyit asli dicampur dengan tepung dan pewarna untuk memperbanyak jumlahnya.

15. Ikan segar

Siapa yang tidak idamkan memakan ikan yang tetap segar dan baru sebagian jam sesudah ditangkap. Para pembeli biasnya bakal lihat insang yang kemerahan dan mata ikan yang termasuk kemerahan yang berarti tetap segar. Namun para penjual jahil di pasar tradisional biasa mengakali ikan tersebut dengan menambahkan darah terhadap mata dan insang tersebut, sehingga bakal berwarna merah dan tidak pucat. Namun selagi dimakan, ternyata daging ikan telah menjadi berbau busuk. Belakangan ternyata terkandung ikan yang termasuk diawetkan dengan bahan-bahan pengawet berbahaya. 

16. Daging ayam segar

Mirip seperti ikan, biarpun tidak dipalsukan namun kebanyakan ditemukan ayam yang selayaknya tidak layak dijual namun senantiasa dijual. Daging palsu di sini yang dimaksud adalah daging ayam yang pakai pengawet berbahaya atau daging ayam yang berasal dari ayam tiren (yang yang lebih dulu mati tanpa disembelih.

Hati-Hati, Inilah Makanan Dan Minuman Palsu Yang Banyak Beredar | Nah sesudah mendengar beragam makanan dan minuman yang sering dipalsukan ini, anda sebaiknya melindungi dan berhati hati dalam pilih asupan makanan keseharian anda. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »