Kamis, 01 Juni 2017

Inilah Bahaya Kutu Beras Dan Cara Untuk Mengatasinya

Inilah Bahaya Kutu Beras Dan Cara Untuk Mengatasinya


Inilah Bahaya Kutu Beras Dan Cara Untuk Mengatasinya | Bahaya kutu beras merupakan pengaruh tidak baik dari terdapatnya hewan serangga yang hidup dan bertelur di beras dan sebabkan kualitas nutrisinya jadi berkurang.

Kutu beras sanggup di jumpai di seluruh jenis beras dan berkembang biak dengan cara menyimpan larva telurnya pada butiran beras yang sebelumnya telah di lubanginya. Kutu beras betina melubangi satu butir beras untuk satu telurnya.

1. Nutrisi berkurang

Beras yang mempunyai kandungan banyak kutu dan di biarkan begitu saja didalam kala yang sangat lama sanggup sebabkan nutrisi yang tersedia pada beras jadi banyak yang hilang. Beras yang telah kehilangan banyak nutrisi sanggup sebabkan manfaat pada tubuh tidak ulang maksimal.

2. Alergi

Kutu beras yang masih tertinggal di didalam beras yang telah di masak jadi nasi, Pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan tubuh, Namun bagi sebagian anak anak kutu beras yang tertelan dan masuk didalam tubuh sanggup sebabkan reaksi penolakan tubuh pada benda asing yang selanjutnya sebabkan seseorang terserang alergi. Alergi sanggup berbentuk perut mual, Kulit gatal gatal dan muntah.

3. Kualitas rasa berubah

Beras yang telah dimasuki kutu beras selama berbulan bulan sanggup memengaruhi rasa beras saat jadi nasi. Nasi yang pada mulanya nikmat dan terasa gurih dapat beralih jadi lebih tawar. Kondisi ini sanggup sebabkan selera makan dan nafsu makan seseorang jadi hilang.

Ada 10 cara paling baik menanggulangi agar beras tidak berkutu

1. Simpan pada suhu dibawah 17 derajat celsius

Simpanlah beras pada suhu dibawah 17 derajat celsius di mana kutu beras tidak bahagia dengan suhu tersebut. Kutu beras sanggup cepat berkembang biak pada suhu 27 sampai 30 derajat celsius.

2. Bawang putih tanpa kulit

Kutu beras tidak menyukai bau khas dari bawang putih agar dapat meninggalkan beras dan mengurungkan niatnya untuk menyimpan telur telurnya pada beras. Letakan bawang putih tanpa kulit di didalam dan permukaan tumpukan beras.
Baca termasuk : bahaya bawang putih mentah

3. Daun jeruk

Kutu busuk tidak menyukai bau dari daun jeruk jenis apa-pun apabila daun jeruk Jeruk Purut, Lemon ataupun nipis. Bau daun jeruk sanggup menggagalkan kehidupan telur kutu yang tersimpan didalam butiran beras, Tak heran kecuali kutu beras betina dapat segera meninggalkan beras yang tersedia daun jeruknya. Letakanlah sebagian lembar daun jeruk diatas permukaan beras.

4. Daun belimbing sayur

Daun belimbung sayur atau wuluh sangat efektif mengusir keberadaan kutu beras, Untuk itu simpanlah sebagian daun belimbing sayur lumayan diatas gundukan beras saja, Bau belimbing sayur sangat menyengat bagi hidung kutu beras, Maka itu kutu tidak menyukainya. Pemakaian daun belimbing sayur adalah salah satu cara simple namun efektif untuk menghindar bahaya kutu beras.

5. Kayu manis batangan

Kutu beras tidak menyukai aroma khas dari kayu manis batangan. Aroma kayu manis sanggup menghindar area gerak kutu beras betina selanjutnya telur telurnya agar sanggup mengakibatkan kematian. Tahukah kamu bahwa Bahaya kutu beras sanggup dicegah dengan pemanfaatan kayu manis batangan meskipun cuma gunakan satu batang saja.

6. Lada kering

Aroma khas lada tidak di sukai kutu beras. Letakan butiran lada pada beras selanjutnya aduklah berakali kali berasnya. Dengan terdapatnya lada maka kutu beras tidak dapat berani untuk masuk didalam beras dan berkembang biak. Tahukah kamu bahwa bahaya kutu beras sanggup segera di lenyapkan sebagian jam sehabis meletakan sebagian butiran lada kering.

7. Cabe kering

Cabe merah, Cabe kriting ataupun rawit yang kering sanggup mengusir kutu beras untuk tidak dulu berkunjung pada beras. Letakan cabe pada beras bagian didalam dan diatas permukaan tumpukan beras.

8. Kain setengah basah

Letakanlah beras pada tampah berukuran besar selanjutnya tutuplah dengan kain setengah basah agar kutu kutu pergi merayap kepermukaan kain. Udara pada wadah yang di beri lapisan kain setengah basah condong beralih jadi sejuk, Hawa sejuk itulah yang tidak di sukai kutu busuk yang notabenya menyukai suhu udara yang lebih hangat.

9. Menyimpan beras pada lemari khusus

Simpanlah beras tanpa kutu yang telah di bersihkan terutama dahulu lantas taruhlah pada rice box agar kualitas beras sanggup terjaga dengan baik. Lemari yang di rancang khusus untuk beras punya suhu ideal untuk mempertahankan kualitas yang tersedia pada beras.

10. Jemur pada cahaya matahari

Beras yang berkutu sanggup di bersihkan dengan ringan dengan cara meletakan beras pada tampah selanjutnya jemurlah pada terik cahaya matahari. Suhu yang tinggi sanggup sebabkan kutu tidak betah untuk tetap tersedia di didalam beras, Pada selanjutnya Kutu dapat meninggalkan beras.
Baca termasuk : bahaya radiasi cahaya matahari

Itulah Inilah Bahaya Kutu Beras Dan Cara Untuk Mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sehat Itu Barokah © 2014. All Rights Reserved | Powered By Blogger | Blogger Templates | Designed by-Dapinder